Sabtu, 08 Juli 2017

#Mengenal Ransomware


Apa itu Ransomware?... ransomware adalah jenis perangkat perusak yang dirancang untuk menghalangi akses kepada sistem komputer atau data hingga tebusan dibayar. Jenis yang sederhana bekerja dengan mengunci sistem, sedangkan jenis yang lebih canggih akan mengenkripsi berkas sehingga tidak dapat diakses. Serangan perangkat pemeras umumnya dilakukan melalui Trojan yang disamarkan sebagai berkas yang jelas.
setelah ransomware bernama WannaCry, kini giliran program jahat baru bernama Petya yang menyerang jaringan komputer di sejumlah negara.
Komputer korban yang terinfeksi Petya akan menampilkan sebuah pesan. Intinya menyatakan bahwa komputer tersebut sudah diblokir. Pemilik komputer diharuskan untuk menebusnya dengan membayar senilai 300 dollar AS dalam bentuk mata uang elektronik Bitcoin.
"''Jika Anda melihat teks ini, maka file Anda tidak dapat diakses lagi, karena telah dienkripsi. Mungkin Anda sibuk mencari cara untuk memulihkan file Anda, tapi jangan buang waktu Anda. Tidak ada yang bisa memulihkan file Anda tanpa dekripsi kami,''' " kata pesan tersebut.
Pertanyaannya, apakah ransomware Petya sudah terdeteksi di Indonesia?saat ini belum ada laporan mengenai Petya di Indonesia. Namun, para pengguna komputer tetap harus waspada.
ciri - ciri komputer yang sudah terkena virus ransomware:
pada saat komputer pertama kali di nyalakan akan muncul
sebuah pop-up,notepad atau webpage yang terus menerus muncul tanpa bisa di tutup, kurang lebih seperti ini gambarnya
dan biasanya di sertai sebuah teks yang berisi permintaan tebusan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar